Hal-hal kreatif dan inovasi (Project ARA (Smartphone yang bisa dirakit)) : Tugas TOU2 minggu ke 7 (ketujuh)

index

Google Sediakan Milyaran untuk Perakit Smartphone Terbaik. Persaingan antara produsen perangkat smartphone tampaknya akan semakin seru. Google, yang selama ini dikenal sebagai penyedia layanan pencarian dia dunia maya, akan ikut bergabung dalam persiangan ini. Tetapi, cara yang digunakannya berbeda dengan yang lain.

Dilaporkan jika Google berencana akan membagikan uang sebesar US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar bagi siapa saja yang dapat merancang smartphone dengan desain yang inovatif. Hadiah akan diberikan kepada pengembang yang mampu menciptakan modul terbaik – dinilai berdasarkan fungsionalitas, tampilan desain, kualitas, dan potensi komersialisasi.

Untuk sistem operasinya, Google sedang berusaha untuk memungkinkan Android dapat mendukung driver pada komponen-komponen untuk ponsel rakitan ini. Dari sisi sistem operasi, Google akan memikirkan agar Android dapat mendukung driver komponen perangkat keras yang tersedia untuk ponsel rakitan.

 

Berdasarakan laman Phandroid, disebutkan jika modul yang dibuat juga harus menjadi sebuah perangkat yang bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga modul dapat dipakai dengan nyaman dan diidamkan banyak orang.

Kontes ini ditujukan untuk merancang ponsel modular Google yang dikenal dengan Project Ara. Proyek ini sendiri sudah mengumpulkan sekitar 200 pengembang. Dua runner up yang beruntung akan diajak ke markas Google dan semua biaya hardware yang dibutuhkan akan ditanggung pihak penyelenggara.

Ponsel modular Google ini rencana akan muncul secara resmi pada Januari 2015. Paul Eremenko selaku Head of Project Ara mengatakan, pada bulan Desember 2013, Google akan menghadirkan pembaruan Android untuk mendukung ponsel tersebut. Eremenko melanjutkan jika smartphone modular pertama yang bakal dirilis adalah ponsel generic, yang biaya pembuatannya hanya sekitar US$ 50. Meski terbilang murah, ia tidak mengungkap berapa harga retail yang dipatok untuk ponsel tersebut.

Penasaran seperti apa ponsel pintar Google ini? Mampukah Google bersaing dengan raksasa teknologi yang sudah lebih dulu muncul? Kita tunggu pada tahun 2015 nanti.

PENJELASAN TENTANG PROJECT ARA

Jakarta – Bentuk Project Ara, ponsel modular yang tengah dikembangkan Google akhirnya terungkap. Sesuai konsepnya, ponsel ‘jangkrik’ ini memiliki bagian tubuh yang dapat dipreteli untuk di-upgrade. Seperti apa?

index1

Pada penampakannya, bentuk depan project Ara sama seperti kebanyakan smartphone saat ini. Keunikannya baru terlihat saat menengok bagian sisi dan belakangnya.

Dari tampak sisinya, project Ara terlihat seakan memiliki dua lapisan. Yang pertama adalah layar yang merupakan bagian depannya, sedangkan lapis kedua yang merupakan bagian belakang adalah modul-modul perangkat lain yang mendukungnya.

Bila bagian depannya hanya terdapat satu modul layar, maka di belakangnya terlihat ada 8 modul yang menjejalinya. Meski tak dijelaskan dengan detail, bagian kiri atas bisa jadi adalah modul kamera karena ada sebuah lingkaran berukuran lensa kamera.

Sedangkan bagian lainnya agak sulit ditafsirkan. Pun begitu dapat ditebak bagian lainnya merupakan modul-modul yang mewakili prosesor, RAM, memori internal, baterai, serta sejumlah komponen pendukung lainnya semisal antena, dan yang lainnya.

Selain itu, Google juga membeberkan variasi bentuk project Ara bila dibuat dalam beberapa pilihan ukuran layar.

Seperti detikINET kutip dari The Next Web, Kamis (10/4/2014), kabarnya Google akan menunjukkan bentuk aslinya pekan depan di konferensi pertama bagi pengembang untuk project Ara, yang dihelat di musium sejarah komputer Mountain View, AS.

index3

sumber :

http://www.iberita.com/26322/google-sediakan-milyaran-untuk-perakit-smartphone-terbaik

http://inet.detik.com/read/2014/04/11/144632/2552354/317/ini-dia-wujud-ponsel-jangkrik-project-ara

 

Tinggalkan komentar